BRI Cash Management System: Syarat & Cara Pendaftaran

Cara Daftar BRI Cash Management – Perencanaan dan pengelolaan finansial merupakan tulang punggung sebuah usaha. Tanpa adanya kejelasan perangkat keuangan, maka proses produksi, managemen karyawan, hingga eksekusi program akan terhambat.

Lemahnya pengelolaan keuangan juga bisa berbuntut pada rawannya kebocoran dana, dan ketidaksesuaian penggunaan anggaran. Kejelasan pengaturan anggaran juga menentukan target usaha yang meungkinkan untuk dicapai.

Seiring dengan kemajuan teknologi, managemen finansial memang turut berkembang. Salah satunya melalui penyusunan sistem keuangan berbasis online. Bank BRI memang menjadi pioneer dalam pengaturan finansial digital, dengan mengeluarkan fitur BRI Cash Management System (CMS).

Seperti namanya, BRI Cash Management System berfungsi untuk membantu memudahkan proses perencanaan dan eksekusi keuangan para pelaku usaha.

Mengenal BRI Cash Management System

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ketersediaan dana memang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan program.

BRI CMS merupakan perwujudan manajemen keuangan terbaru untuk meningkatkan efektifitas operasional perusahaan.

Baca juga: Tabel Pinjaman BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Manfaat BRI Cash Management System

Coba bayangkan jika saat ini Anda tengah mengatur keuangan sebuah perusahaan. Jika saldo yang Anda miliki terbatas, bagaimana caranya untuk mengefisiensikan anggaran agar mencukupi seluruh realisasi program?

Sedangkan jika saldonya membeludak, bagaimana pengaturan yang baik agar penggunaan dana tepat pada sasarannya? Jika pengelolaan keuangan dilakukan secara manual, maka potensi terjadinya human error sangat tinggi.

Keteledoran dalam perencanaan keuangan memang tak dapat terhindari. Namun jika permasalahan ini terus dibiarkan, maka akan berdampak buruk pada ekesistensi perusahaan.

Longgarnya manajemen keuangan sebuah perusahaan akan berdampak langsung pada hulu dan hilir operasionalnya.

Misalnya saja seperti keterlambatan penggajian karyawan, kesulitan pengajuan anggaran, kurangnya transparansi dana kegiatan, hingga kerap muncul kebocoran dana.

BRI Cash Management System adalah tata kelola keuangan yang berbasis digital. Merupakan sebuah alat untuk mengorganisir beragam aktifitas keuangan dalam satu waktu.

Sejak peluncuran pertama kali di tahun 2009, BRI CMS menawarkan beragam fitur unggulan, layaknya e-banking, transaksi secara realtime, pengaturan asuransi, hingga pengecekan keamanan yang berkala.

Baca juga: Cara Daftar Permata Internet Banking

Syarat dan ketentuan registrasi BRI Cash Management System

Pendaftaran akun di BRI CMS tidak membutuhkan biaya administrasi ataupun alokasi waktu yang panjang.

Bagi Anda yang tak memiliki kesempatan karena agenda yang padat, proses pendaftaran BRI CMS bisa dari jarak jauh.

Berikut syarat dan ketentuan pendaftaran BRI Cash Management System:

Dokumen Persyaratan

Sebelum memulai tahapan registrasi, calon nasabah wajib menyiapkan berkas dokumen sebagai berikut:

  • Kartu identitas perseorangan yang mewakili lembaga.
  • Akta legal lembaga dan akta perubahan terakhir.
  • Surat izin pendirian lembaga.
  • Surat kewenangan dari perusahaan, kepada perseorangan yang mewakili di BRI CMS.

Pengisian formulir registrasi

Formulir registrasi melingkupi beberapa hal berikut:

  • Bentuk lembaga usaha; badan hukum, non badan hukum, badan hukum asing.
  • Jenis lembaga; PT, CV, Koperasi, Departemen, Sekolah / universitas.
  • Nama perusahaan yang sesuai dengan akta legal.
  • Corporate ID untuk mendaftar BRI CMS.
  • Bidang usaha yang digeluti.
  • Tempat pendirian usaha.
  • Nomor izin usaha yang masih aktif, dibuktikan dengan tanggal terbit dan kadaluarsa.
  • Berkas akta yang sah, terkait penerbitan ataupun perubahan usaha.
  • Nomor NPWP lembaga.
  • Alamat lengkap lembaga, sesuai yang tertera di akta.
  • Nomor telfon dan alamat email resmi lembaga.
  • Data diri admin atau penanggungjawab lembaga dalam BRI Cash Magament System.
  • Memilih fitur-fitur yang ingin didaftarkan.

Cara Daftar BRI Cash Management System

Waktu yang dibutuhkan: 5 hari.

Setelah mengisi formulir dan melengkapi berkas, berikut proses registrasi CMS di BRI:

  1. Serahkan Berkas Persyaratan

    Menyerahkan berkas dan formuir ke pihak Customer Service BRI.

  2. Verifikasi Data

    Pihak BRI akan melakukan verifikasi terkait kelengkapan data dan formulir. Biasanya proses ini memakan waktu lebih dari sehari kerja.

  3. Konfirmasi Pendaftaran

    Hasil pengecekan akan diberitahukan dengan tiga kemungkinan; pengajuan CMS diterima, ditunda dan dilengkapi karena terdapat syarat yang kurang, dan ditolak karena tidak sesuai dengan ketentuan klien CMS dari BRI.

  4. Perubahan (Jika Ada)

    Tiap perubahan, pemindahan, dan penghentian aktifitas CMS, harus melalui pengisian formulir resmi dan sepengetahuan pihak BRI.

  5. Perjanjian dan Aktivasi

    Tahap terakhir bank BRI akan mengaktifkan CMS pendaftarn. Namun jika kedepannya ditemukan aktifitas yang tidak sesuai dengan perjanjian kerjasama, maka Bank BRI berhak mengentikan layanan, menghapus, dan mencabut izin penggunaan CMS.

Baca juga: Tabel Angsuran KUR BRI & Cara Pengajuan Online

Fitur BRI Cash Management System

Sebagai wadah pengelolaan keuangan, BRI Cash Management System menawarkan beberapa fitur unggulan, antara lain sebagai berikut:

1. Transfer dana

Internal-Fund Transfer

Fitur transfer dana ke sesama nasabah BRI dan BRIVA. Bisa dilakukan untuk tujuan personal ataupun kolektif. Internal-fund transfer juga dapat melayani jenis transaksi valas.

Eksternal-Fund transfer

Fitur transfer di luar nasabah BRI dan BRIVA. Akses ini juga dapat digunakan untuk kegiatan individual dan kolektif.

Biasanya transfer eksternal yang berjumlah besar melalui Kliring BI, RTGS ataupun SWIFT. Sama seperti fitur sebelumnya, external-fund transfer juga melayani transaksi valas.

Payroll

Fitur yang memungkinkan nasabah untuk mengatur pembayaran gaji pegawai secara massal.

Nasabah bisa langsung membayar banya pekerja dalam satu kali stransaksi saja. Hal ini mampu meningkatkan efektifitas dan meminimalisir terjadinya eror. Apalagi jika karyawan di perusahaan terkait jumlahnya sangat banyak.

Account Pooling

Selain pembayaran secara massal, BRI Cash Management System juga bisa melakukan pemindahan dana dari rekening satu dan lainnya secara otomatis. Ini memudahkan Anda untuk mengintergrasikan antar rekening perusahaan.

Sehingga pengaliran dana dapat lebih mudah untuk dilakukan. Tiap transaksi akan otomatis tercatat akun BRI CMS, untuk proses evaluasi.

Fitur ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pemisah antara dana pribadi dengan perusahaan. Cocok bagi nasabah yang baru membuka bisnis, dan menghindari terjadinya campuran dana yang tak terkontrol.

2. Informasi Akun

Transaksi harian

Anda bisa mengetahui informasi rekening dan aktifitas keluangan perusahaan secara lebih detail, sebab BRI CMSmenawarkan fitur pengecekan harian.

Rekening Koran dan catatan transaksi

Fitur ini memang penting bagi proses audit dan evaluasi kegiatan perusahaan, dengan menyesuaikan pencatatan laju pengeluaran serta pemasukan.

Ringkasan aktifitas rekening

Ringkasan aktifitas rekening bertujuan untuk memudahkan nasabah memantau perencanaan keuangan di BRI Cash Management System. Juga untuk memasikan tidak terjadinya kebocoran dana.

Ringkasan rekening khusus deposito

Fitur ringkasan rekening deposito khusus menampilkan kondisi rekening deposito, beserta kenaikan bunga dan pertambahan keuntungan lainnya.

3. Pembayaran dan pembelian

Pembayaran tagihan

Anda bisa melakukan pembayaran seluruh tagihan melalui BRI CMS. Mulai dari tagihan air, listrik, pajak, asuransi, kartu kredit, hingga kebutuhan pulsa selular.

Delivery

Umumnya pemanfaatan fitur ini untuk pembayaran tagihan delivery oleh Pupuk Indonesia, Semen Indonesia dan Pertamina.

Manajemen akun BRIVA

Fitur Management akun BRIVA memudahkan interaksi keuangan antara perusahaan dengan klien. Tiap aktifitas dapat disalurkan melalui BRIVA. Hal ini memudahkan klien untuk terhubung dengan perusahaan, karena sistemnya sederhana dan tidak ribet.

Laporan keuangan

Jika sebelumnya nasabah membuat laporan keuangan dengan manual, maka saat ini sudah tinggal terima jadi dari BRI CMS.

Fitur ini menyediakan catatan keuangan lengkap dan terperinci. Bahkan bisa Anda unduh dalam bentuk file elektronik layaknya Microsoft Excel, Microsoft Word, dan PDF.

4. Sistem keamanan berlapis

ID akses

Demi kenyamanan nasabah, BRI berusaha memberikan keamanan bertingkat. Salah satunya melalui tahap log in ke akun BRI CMS.

Untuk dapat melakukannya, Anda harus mengantongi User ID, Corporate ID dan kata sandi dari proses registrasi.

Aproval-Verification Matrix

Dalam tiap transaksi, BRI CMS menempatkan 3 tahapan, yaitu harus melalui posisi maker atau pembuat transaksi, kemudian verifikasi oleh verifikator, dan mendapatkan persetujuan dari pihak yang bertindak sebagai approval. Dengan demikian laju keuangan tidak bisa sembarangan dilakukan.

SMS Security

Keamanan lainnya meliputi SMS Security, yang akan menginformasikan aktifitas log in agar tak gampang terjadi pembobolan tanpa.

Ulasan di atas merupakan penjelasan tentang BRI Cash Management System. Bagi Anda yang tengah bergelut di bidang bisnis ataupun kegiatan lain yang melibatkan perencanaan keuangan yang kompleks, maka fasilitas BRI CMS ini harus Anda libatkan.

Satu pemikiran pada “BRI Cash Management System: Syarat & Cara Pendaftaran”

  1. Lukito

    Untuk pemula usaha gimana apa bisa di bantu

    Balas

Tinggalkan komentar