Mudah Cepat Approve, Begini Cara Daftar NPWP Online 2021

Cara daftar NPWP online – Sebagai warga negara yang baik, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk negeri ini. Tidak perlu muluk-muluk terbang ke bulan selayaknya Neil Armstrong, cukup dengan membayar pajak. Bicara tentang pajak, sudahkah Anda memiliki NPWP? Memiliki NPWP sendiri merupakan bukti keseriusan Anda sebagai WNI yang baik dan patuh pajak. Apalagi jika Anda rutin membayar pajak termasuk PPN, PPh, PBB dan sebagainya.

Hadirnya fenomena digitalisasi juga berpengaruh terhadap Ditjen Pajak. Jika dahulu masyarakat harus antri ke kantor pajak demi membuat NPWP. Maka saat ini, seluruh masyarakat Indonesia bisa mendaftar NPWP secara online.

Cara daftar NPWP online juga tidak kalah mudah dari cara manual. Bahkan jauh lebih efisien dan praktis karena tidak menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Yang Anda butuhkan adalah jaringan internet, dokumen persyaratan dan laptop atau PC.

Syarat Pendaftaran NPWP Online 2021

cara daftar npwp online 2021

Sebelum masuk ke mekanisme pendaftaran NPWP online, alangkah bijaksananya jika Anda memahami terlebih dahulu persyaratannya. Selain memenuhi kriteria sebagai WP pribadi atau WP badan, Anda juga wajib melampirkan berbagai dokumen berikut.

  • NPWP Pribadi

Persyaratan yang perlu Anda siapkan untuk membuat NPWP personal atau WP pribadi jauh lebih sederhana dari WP badan. Anda hanya perlu menyiapkan KTP/ paspor/KITAP/KITAS sebagai identitas diri. Cukup pilih salah satu menyesuaikan kriteria Anda.

  • NPWP Badan Usaha

Sementara persyaratan NPWP WP badan jauh lebih banyak dan komplek. Tidak hanya melampirkan KTP/SIM Anda selaku pemilik usaha. Anda juga wajib menyiapkan SKU, surat pernyataan bermaterai mengenai kebenaran usaha dan bukti pembayaran listrik.

Khusus untuk WNA yang menjalankan bisnis di Indonesia dan ingin membuat NPWP. Maka kartu identitas yang mereka lampirkan adalah KITAS/Paspor/KITAP.

Baca juga: Cara Daftar Akun Mandiri Online

Setelah membaca seluruh persyaratan di atas dan melengkapi dokumennya (cukup fotokopiannya saja). Anda bisa langsung masuk ke tahapan pendaftaran NPWP online berikut:

Cara Daftar NPWP Online WP Pribadi 2021

Waktu yang dibutuhkan 1 jam.

Memiliki NPWP merupakan hal mutlak karena belakangan ini persyaratan buka rekening di bank atau melamar pekerjaan. Keduanya membutuhkan NPWP sebagai salah satu persyaratan.

NPWP yang Anda serahkan tentunya bukan NPWP badan jika tujuan utama adalah mencari pekerjaan atau membuka rekening pribadi. Berikut ini langkah-langkah registrasi NPWP online WP pribadi:

  1. Login Ereg Pajak

    Langkah pertama cara daftar NPWP online untuk kebutuhan pribadi adalah registrasi akun baru di ereg pajak. Kunjungi situs https://ereg.pajak.go.id. Situs ini Ditjen Pajak buat secara khusus untuk mengatur dan mengelola registrasi NPWP masyarakat Indonesia.

    Silahkan selesaikan pembuatan akun milik pribadi di alamat website tersebut hingga proses pendaftaran Anda diterima dan email aktivasi.
    cara daftar npwp pribadi

  2. Isi Data Registrasi Dengan Baik dan Benar

    Sebelum mulai upload sejumlah dokumen persyaratan pembuatan NPWP WP pribadi. Lengkapi terlebih dahulu informasi pendaftarannya. Isi formulir pendaftaran dengan data yang valid, jangan ada satu informasi pun yang dilewati.
    lengkapi data pendaftaran npwp

  3. Upload Dokumen Persyaratan yang Diminta

    Setelah formulir registrasi terisi dengan sempurna selanjutnya upload KTP sebagai dokumen persyaratan utama. Temukan “Upload KTP Di Sini” dan klik hingga Anda bisa menyimpan foto KTP. Pastikan KTP yang Anda lampirkan berada dalam kondisi jelas dan tidak terpotong.
    upload dokumen persyaratan

  4. Pilih “Minta Token”

    Usai KTP tersimpan pada riwayat pendaftaran Anda. lanjutkan dengan klik “minta token” salin juga captcha yang tersedia pada halaman website dengan benar. Nantinya, token tersebut akan masuk ke alamat email terdaftar.
    Silahkan Anda buka email dan copy tokennya.
    buka email

  5. Kirim Permohonan

    Langkah terakhir, pilih ‘kirim permohonan’ pada halaman ini Anda akan menemukan beberapa kotak pernyataan. Pastikan centang tiap kotak tersebut dan jangan lupa paste token baru klik kirim.
    kirim permohonan npwp

Itulah cara daftar NPWP online bagi WP pribadi. Tidak sulit sama sekali bukan? Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja asalkan ada internet dan laptop.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Gratis

Cara Daftar NPWP Online WP Badan

Pada dasarnya, tata cara registrasi NPWP online WP pribadi dan badan hampir sama saja. Bedanya terdapat lampiran berkas atau dokumen persyaratan dan isian informasinya saja. Agar lebih jelas lagi, simak tata caranya berikut:

#1 Daftarkan Akun Anda

Tahapan pertama, lakukan registrasi akun ke website https://www.ereg.pajak.go.id/daftar. Silahkan daftarkan diri menggunakan alamat email aktif, password yang mudah diingat serta nama sesuai KTP.

Setelah pendaftaran berhasil jangan lupa untuk masuk ke email dan lakukan aktivasi. Klik link aktivasi yang tertera pada email tersebut.

#2 Isi Formulir Registrasi

Setelah berhasil aktivasi email secara otomatis Anda akan melihat halaman e-registration. Login ke sistem tersebut menggunakan alamat email dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

#3 Pilih Registrasi NPWP

Jika tidak ada masalah atau kesalahan input informasi pada tahapan kedua, sistem akan membawa Anda masuk ke halaman registrasi NPWP. Silahkan isi formulir registrasi yang tertera di website.

Ikuti seluruh tahapannya satu per satu dengan baik dan benar. Isi pula informasi yang perlu diisi jangan sampai kosong. Ketika formulir yang Anda isi sesuai, Anda termasuk sebagai terdaftar sementara.

#4 Kirim Form Registrasi

Sebelum melakukan cara daftar NPWP online tahap keempat ini. Anda wajib memastikan beberapa kali jika data yang terisi sudah benar. Ini penting untuk menghindari kekeliruan penulisan data atau penolakan dari kantor pajak. Setelah yakin tidak ada data yang salah, silahkan kirim formulir registrasinya.

#5 Bubuhkan Tandatangan

Beda dari cara daftar NPWP daring WP pribadi yang telah kita bahas sebelumnya. Proses pendaftaran NPWP WP badan ini hanya melakukan pengisian formulirnya saja. Sementara dokumennya akan Anda kirimkan sendiri ke kantor pajak atau melalui kantor pos.

Jadi, jangan lupa untuk mencetak bukti atau formulir pendaftaran WP badan. Sekaligus surat terdaftar sementara yang telah Anda peroleh pada tahapan ketiga. Bubuhkan tandatangan Anda pada formulir pendaftarannya.

#6 Kirim Form Ke Kantor Pajak

Agar NPWP WP badan bisa segera dikirim dan cara daftar NPWP online berakhir dengan sukses. Silahkan Anda kirimkan formulir tersebut pada kantor pajak dengan mengunjunginya langsung di hari kerja atau melalui kantor pos. Pilih salah satu saja yang paling mudah dan memungkinkan.

Semakin cepat Anda mengirimkannya akan semakin baik karena penerbitan NPWP WP badan bisa segera diproses oleh kantor pajak.

#7 Terima NPWP Di Rumah

Menariknya, setelah mengirimkan formulir pendaftaran dan berkas lainnya ke kantor pajak. Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama dengan menunggu di sana. Silahkan pulang ke rumah dan tunggu hingga NPWP WP badan yang Anda daftarkan dikirim oleh kantor pajak setempat.

Dari kedua cara daftar NPWP online yang telah kita bahas di atas, bisakah Anda menemukan perbedaannya? Dari segi kemudahan, cara pertama tentunya jauh lebih mudah karena Anda tidak perlu sama sekali mengunjungi kantor pajak.

Pada dasarnya, pembuatan NPWP WP badan juga bisa Anda lakukan secara online. Anda cukup upload berkas persyaratannya secara daring sama seperti pembuatan NPWP WP pribadi.

Demikianlah informasi menarik seputar NPWP online. Sebagai warga negara dan pengusaha yang baik, sudahkah Anda membuat NPWP? Jika jawabannya belum, silahkan segera buat NPWP secara daring.

Tinggalkan komentar