3 Cara Melaporkan Penipuan Pinjaman Online ke OJK dan Polisi

Jakarta – Bagaimana cara melaporkan penipuan pinjaman online ke OJK dan Polisi? Kejahatan siber dan pinjol ilegal menjadi perhatian tersendiri oleh pemerintahan Indonesia. Setidaknya ada beberapa lembaga dan kementerian yang bersinergi untuk memerangi pinjol ilegal yang kian meresahkan.

Kurangnya literasi dan kebutuhan dana darurat masyarakat rupanya telah dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan. Selain pemberi pinjaman ilegal ternyata ada juga yang mengeluhkan terkait penipuan mengatasnamakan pinjaman online.

Jenis penipuan tersebut sangat beragam mulai dari berpura-pura menawarkan pinjaman hingga berpura-pura menjadi debt collector. Selain itu ada juga kasus penipuan dengan mebuka jasa pengajuan pinjol alias jongki. Ironisnya ada saja korban yang terjerat tipu daya sehingga percaya dengan jasa jongki pinjaman online.

Penipuan semacam ini sudah sangat sering terjadi, mula-mula penipu bakal menawarkan jasa pengajuan pinjol dengan data korban. Setelah korban mengirimkan foto KTP dan data pribadi, benar saja data tersebut untuk pengajuan pinjaman.

Namun saat pencairan, dana pinjaman bukan masuk ke rekening korban melainkan masuk ke kantong penipu. Di sisi lain, pinjol ilegal yang merasa memberikan pinjaman tentunya bakal menghubungi korban karena semua data atas nama korban.

Bak jatuh tertimpa tangga, sudah tidak terima pinjaman masih saja diuber debt collector untuk bayar utang yang tidak dia terima. Sampai di sini biasanya korban baru menyadari dan bingung mencari cara untuk melaporkan penipuan pinjaman online ke OJK maupun ke Polisi.

Baca juga: cara kabur dari pinjaman online ilegal.

Cara Melaporkan Penipuan Pinjol ke OJK, Polisi, dan Kominfo

cara melaporkan penipuan pinjaman online

Bagi kalian yang belum terlanjur jadi korban penipuan pinjol sebaiknya hindari penggunaan aplikasi ilegal maupun jasa pengajuan pinjaman dalam bentuk apapun.

Namun bagi yang sudah terlanjur jadi korban. Berikut ini merupakan cara lapor penipuan pinjaman online ke OJK, Polisi, dan Kominfo seperti dikutip momaju.id dari berbagai sumber, Rabu (12/12/2021):

#1 Cara Lapor Penipuan Pinjaman Online ke Polisi

Cara melaporkan kasus penipuan pinjol ke polisi bisa kamu lakukan secara online dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka website patroli siber dengan url https://patrolisiber.id/.
  • Setelah halaman terbuka silakan pilih menu “Laporkan!”.
  • Sebelum lebih jauh membuat laporan silakan baca dulu disclaimer layanan tersebut.
  • Berikutnya silakan masuk dengan menggunakan akun google kamu.
  • Lanjutkan dengan menyampaikan kronologi lalu sertakan bukti baik berupa kontak maupun chatting.
  • Lanjutkan hingga laporan kamu kirimkan.

Selain lewat website kamu juga bisa melaporkan kejahatan siber termasuk penipuan pinjaman online melalui email di info@cyber.polri.go.id.

#2 Cara Melaporkan Penipuan Pinjaman Online ke OJK

Laporan kasus pinjaman online ke OJK sebenarnya bukan untuk proses hukum, namun lebih ke arah peblokiran sehingga aplikasi pinjol tersebut tidak dapat lagi beroperasi. Langkah ini setidaknya bisa memberikan kamu keamanan sebagai salah satu cara agar pinjol tidak sebar data.

Cara lapor kasus pinjol ke OJK bisa kamu lakukan melalui tiga metode yakni sambungan telepon, WA, maupun email. Berikut nomor telepon dan email yang bisa kamu hubungi untuk melaporkan kasus pinjaman online ilegal:

  • Nomor telepon di 157.
  • Menghubunig whatsapp di 08115715715.
  • Mengirimkan email dengan alamat surel: konsumen@ojk.go.id.

Selain itu kamu juga bisa melaporkan pinjol ilegal ke Satgas Waspada Investasi dengan cara mengirimkan surat elektronik ke waspadainvestasi@ojk.go.id.

#3 Cara Lapor ke Kominfo

Jika kasus kamu berkaitan dengan konten yang menjerumuskan atau melanggar hukum kamu juga bisa melaporkannya ke Kominfo. Sedikitnya ada tiga cara melaporkan konten penipuan ke Kominfo agar dilakukan pemblokiran:

  • Laporkan melalui https://aduankonten.id.
  • Mengirimkan surat elektronik ke alamat email aduankonten@kominfo.go.id.
  • Melalui sambungan telepon di 08119224545.

Tips Aman Memilih Platform Pinjaman Online

Sebelum kamu jadi korban penipuan sebaiknya lebih berhati-hati memanfaatkan aplikasi pinjaman online. Ada beberapa tips dalam memilih layanan pinjam meminjam berbasis internet. Berikut beberapa cara yang bisa kamu jadikan pegangan:

  • Pastikan platform yang kamu gunakan terdaftar atau berizin OJK.
  • Hindari tawaran pinjaman online melalui SMS maupun WA.
  • Jangan percaya dengan jongki pinjol dalam bentuk apapun.
  • Jangan percaya dengan jasa pelunasan utang pinjol.
  • Jaga kerahasiaan KTP dan data diri kamu.

Itulah tiga cara melaporkan penipuan pinjaman online yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa gunakan aplikasi pinjaman online bunga rendah yang resmi OJK.

Tinggalkan komentar