Begini 7 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Cara agar pinjol tidak sebar data – Semenjak munculnya pinjaman online di Indonesia, penyebaran data pribadi menjadi isue yang mencoreng nama Fintech Lending.

Bukan tanpa alasan, karena data dan fakta menunjukan bahwa banyak aduan masyarakat terkait penagihan pinjaman online yang tidak beretika.

Lantas bagaimana caranya biar aplikasi pinjaman online tidak bisa mengakses kontak dan menyeebar data pribadi kita?

Selama tiga tahun (2019 – 2021) OJK menyebutkan terdapat 19.711 pengaduan masyarakat terhadap pinjaman online. Dari keseluruhan pengaduan tersebut terdapat 9.270 atau (47,03%) yang termasuk pelanggaran berat.

Salah satu pelanggaran yang masuk dalam kategori berat yakni ancaman penyebaran data pribadi baik melalui sosial media maupun kontak HP yang disertai dengan teror dan intimidasi.

Siapa lagi kalau bukan ulah pinjol ilegal yang selama ini menjadi musuh pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen.

Bak rentenir dan lintah darat, pinjol ilegal kerap menawarkan pinjaman dengan suku bunga dan biaya tinggi.

Bengisnya lagi mereka menerapkan denda keterlambatan tanpa batas. Artinya peminjam bisa saja terkena denda keterlambatan lebih besar dari pokok pinjaman yang mereka terima.

Puncaknya, peminjam yang tidak bisa bayar utang sesuai ketentuan bakal menanggung risiko. Risiko tersebut antara lain penagihan dengan kata kasar dan ancaman, penagihan melalui seluruh kontak HP peminjam, hingga penyebaran data pribadi.

Seperti kita ketahui pinjaman online merupakan layanan pinjam meminjam berbasis teknologi dengan syarat KTP dan data pribadi.

KTP dan data pribadi inilah yang menjadi senjata pelaku pinjol ilegal dalam tindakan penagihan.

Selain itu aplikasi pinjaman online khususnya yang ilegal juga kerap menyadap HP pengguna sehingga bisa merugikan pengguna.

Tak jarang korban fintech ilegal mencari cara agar pinjol tidak sebar data mereka yang terlanjur di tangan debt collector.

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Mengingat besarnya risiko tersebarnya data diri, sudah sepatutnya kita sebagai konsumen menghindari terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Guna menghindari risiko tersebut momaju.id bakal bagikan 7 cara agar pinjol tidak sebar data pribadi yang bisa kamu coba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *