7 Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal dan Risikonya

cara kabur dari pinjaman online ilegal

5. Gangguan mental dan psikis

Siapa yang bisa merasa tenang jika tau dirinya sedang dalam proses pencarian dan pengejaran?

Inilah resiko paling lumrah yang mungkin Anda hadapi jika memutuskan untuk mangkir dari kewajiban membayar.

Anda akan mulai merasa tidak nyaman, sebab takut ketangkap. Tidur juga mulai tidak nyenyak sebab takut ketahuan posisi dan keberadaan.

Terlebih lagi Anda selalu was-was akan kemungkinan para penyedia mendatangi teman-teman dan kerabat yang sebelumnya tak pernah Anda informasikan mengenai pinjaman ini.

Resiko psikis karena lilitan hutang memang nyata adanya. Karena itu Anda harus memikirkan dengan saksama sebelum menjatuhkan keputusan pada aktivitas meminjam dana online.

6. Nama Baik yang Tercemar

Penyebaran data pribadi oleh para penyedia pinjaman ilegal jika Anda tetap bersikeras hengkang dari pinjaman online.

Penyebaran data ini biasanya lewat berbagai cara, mulai dari mengumumkan riwayat pinjaman online ada secara luas, hingga menggadaikan identitas Anda pada pihak ketiga.

Pencemaran nama baik ini akan berimbas pada kehidupan sosial, pekerjaan, sampai aktivitas pendidikan yang Anda jalankan.

Cara terbaik untuk menghadapi pinjaman online adalah melakukan pembayaran tepat waktu, agar bunganya tak membengkak dan cepat terlunasi.

Namun jika memang Anda menemukan kesulitan di tengah jalan dan harus melarikan diri dari pinjaman online ilegal. Maka beberapa cara di atas adalah usaha terbaik yang bisa Anda lakukan.