Cara Pengajuan KTA BRI Online: Syarat & Tabel Angsuran


Tabel Angsuran KTA BRI – Bagaimana sih cara pengajuan KTA BRI online? Jauh sebelum kehadiran pinjaman online, perbankan termasuk BRI sudah lebih dulu menawarakan layanan Kredit Tanpa Agunan. Pada masanya KTA sempat jadi satu-satunya andalan masyarakat untuk memperoleh pinjaman tanpa harus menyerahkan jaminan.

Meski saat ini telah marak fintech lending yang menyajikan pinjaman online cepat cair, nyatanya KTA tetap mendapatkan tempat di hati pelanggan. Ketimbang layanan gadai BPKB, syarat Kredit Tanpa Agunan memang jauh lebih mudah dan tanpa perlu ribet menyerahkan fixed asset sebagai jaminan pinjaman.

Ngomongin Kredit Tanpa Agunan pastinya tidak bisa dipisahkan dengan perbankan BUMN, salah satunya ialah Bank BRI. Perbankan dengan kode emiten BBRI ini memiliki produk KTA unggulan yang bernama BRIGuna. Selain Kartu Kredit, produk BRI yang banyak peminatnya ya pinjaman BRIGuna ini karena syarat pengajuan mudah dan tanpa jaminan. Apalagi saat ini proses pengajuan KTA BRI bisa dengan metode online lewat BRISPOT.

KTA BRI Guna merupakan fasilitas pembiayaan tanpa agunan yang menargetkan hampir semua kalangan. Tak terbatas pada karyawan aktif saja, pensiunan dan karyawan menjelang pensiun juga bisa mengajukan KTA BRIGuna. Lain sisi, pemanfaatan BRIGuna juga sangat fleksibel mulai buat renovasi rumah, biaya pendidikan, hingga biaya penikahan.

Selain pemanfaatan yang fleksibel, limit pinjaman KTA BRI online juga cukup besar yakni mulai Rp 10 juta sampai dengan Rp 1 miliar. Suku bunga pinjaman BRIGuna yang rendah antara 1,45% – 1,54% juga jadi daya tarik tersendiri bagi penerima jasa.

Tabel Angsuran KTA BRI Terbaru

Menghitung perkiraan cicilan bulanan jadi hal penting sebelum seorang nasabah mengajukan pinjaman. Demikian pula saat Anda ingin mengajukan pinjaman KTA BRI online tanpa jaminan baiknya ketahui dulu tabel angsuran sebagai gambaran cicilan.

Tapi sebelum melihat simulasi tabel angsuran KTA BRI pahami dulu jenis dan syarat BRIGuna agar tidak terjadi kesalahan selama proses pengajuan.

Jenis KTA BRIGuna

Pinjaman tanpa jaminan BRI terdiri dari beberapa jenis dengan segmen peminjam dari karyawan hingga pensiunan. Lebih lengkap terkait jenis BRIGuna diantaranya BRIGuna Karya, BRIGuna Umum, dan BRIGuna Purna.

BRIGuna Karya adalah pinjaman tanpa jaminan dari Bank BRI dengan sumber pembayaran kembali dari penghasilan tetap peminjam. Utamanya, BRIGuna Karya hanya bisa diambil oleh nasabah yang masih dalam masa kerja aktif.

Kedua adalah BRIGuna Umum yakni pinjaman tanpa jaminan dari Bank BRI yang diberikan untuk calon debitur yang masih aktif bekerja namun sudah menjelang masa pensiun. Mudahnya masa kredit BRIGuna Umum berlangsung sejak debitur masih aktif bekerja hingga masa pensiun.

Sedangkan BRIGuna Purna adalah pinjaman BRI tanpa jaminan yang bisa diperoleh oleh nasabah dengan status sebagai pensiunan. Tentunya dengan syarat memiliki penghasilan pensiunan sebagai sumber pembayaran angsuran kredit.

Syarat Pengajuan Pinjaman KTA BRIGuna

Tidak semua nasabah bisa langsung mengajukan pinjaman tanpa jaminan BRI. Berikut beberapa persyaratan utama yang harus terpenuhi oleh calon debitur KTA BRI:

  • WNI dengan usia minimum 21 tahun.
  • Usia maksimum 75 tahun pada saat jatuh tempo.
  • Berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan.
  • Berdomisili di lingkup unit kerja BRI.

Syarat Dokumen KTA BRI

Sebelum lebih lanjut mengikuti cara pengajuan KTA BRI Online, ada baiknya kamu persiapkan beberapa dokumen di bawah ini agar proses apply kredit lewat BRISPOT berjalan lancar:

  • Formulir aplikasi kredit yang telah diisi lengkap.
  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Pas Foto pemohon dan pasangan (suami-istri).
  • Bukti penghasilan berupa slip gaji asli atau keterangan penghasilan terakhir.
  • Surat Keputusan asli pengangkatan pegawai/ karyawan dari tempat kerja.
  • Bukti Surat Keputusan Pensiun bagi nasabah pensiunan.

Tabel Angsuran KTA BRI

Sebelum apply pinjaman bri Online, mengetahui simulasi cicilan kredit penting sekali buat calon debitur sebagai bahan pertimbangan kemampuan bayar angsuran bulanan. Untuk melihat perkiraan cicilan, kamu bisa perhatikan tabel angsuran KTA BRI di bawah ini:

tabel angsuran kta bri online 2021
Simulasi tabel angsuran kta bri terbaru

Bagaimana Cara Pengajuan KTA BRI Online?

Waktu yang dibutuhkan: 30 menit.

Layaknya pinjaman online cepat cair, pengajuan BRI Guna sekarang juga bisa via online lewat BRISPOT. Siapkan terlebih dahulu syarat dokumen kemudian lakukan pengajuan KTA BRI Online lewat HP dengan cara berikut:

  1. Download dan Install Aplikasi BRISPOT

    Pertama, silakan download dan install BRISPOT Online Loan Application (E-Form) lewat google playstore bagi pengguna android.
    cara mengajukan kta bri guna lewat brispot

  2. Izinkan BRISPOT mengakses lokasi perangkat

    Buka aplikasi BRISPOT kemudian pilih tombol “Let’sgo”. Lanjutkan dengan memberi akses lokasi perangkat. Silakan tulis nama panggilan kamu lalu pilih tombol “Lanjut”.
    cara mengajukan pinjaman bri online 2021 lewat brispot

  3. Lakukan Registrasi dan Pendaftaran

    Pilih menu registrasi, kemudian lengkapi data diri mulai dari nama lengkap, NIK, nomor HP, dan alamat email. Lanjutkan dengan membuat username dan password. Tap tombol “Buat Akun”.

    cara daftar registrasi brispot

  4. Verifikasi Nomor Ponsel

    Secara otomatis, aplikasi bakal mengirim kode melalui SMS ke nomor ponsel kamu. Silakan buka dan masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia. Lanjutkan dengan tap tombol “OK, lanjut!

  5. Pilih menu BRIGuna

    Pada tampilan beranda kamu akan melihat dua menu yakni BRIGuna dan KPR. Untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah BRI silakan pilih menu “KPR”. Sedangkan buat pengajuan KTA BRI online silakan pilih menu “BRIGuna”.
    pilih menu kta bri guna

  6. Lengkapi formulir detail pinjaman

    Silakan pilih jenis dan tujuan pinjaman. Masukkan nominal pinjaman yang hendak diajukan lalu isi jangka waktu kredit yang hendak diambil (dalam bulan).
    detail pinjaman briguna

  7. Lengkapi Data Mitra Kerjasama Pemberi Pinjaman

    Silakan tentukan lokasi dan mitra kerjasama lewat map yang tersedia. Lanjutkan dengan mengisi nomor induk pekerja. Silakan pilih status pekerjaan kamu apakah karyawan tetap atau karyawan kontrak.
    pilih mitra kerjasama

  8. Pilih Bank Penyalur Gaji

    Lanjutkan dengan memilih bank mana tempat kamu menerima gaji bulanan. Pilih Bank BRI jika gaji kamu terima lewat rekening BRI. Jika penerimaan gaji lewat bank selain BRI silakan pilih “Bank Lain”. Lanjutkan dengan tap tombol “Next”.
    kta bri online payroll 2021

  9. Lengkapi Data Pribadi

    Silakan isi NIK, Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, hingga informasi alamat dan kepemilikan rumah. Teruskan dengan tap tombol “Next”.
    lengkapi data diri

  10. Isi Lengkap Data Pekerjaan

    Pada tahap ini kamu harus lengkapi data pekerjaan. Silakan masukkan nama perusahaan dan lama bekerja. Masukkan pula alamat perusahaan kemudian pilih tombol “Next”.
    isi data pekerjaan

  11. Masukkan Data Keluarga

    Tuliskan nama ibu kandung dan nama keluarga lainnya lalu lengkapi status hubungan, nomor telepon, hingga alamat. Lanjut dengan memilih tombol “Next”.
    tuliskan data keluarga

  12. Unggah Data Pendukung

    Ada tiga data pendukung yang harus kamu ungguh yakni foto KTP, Swafoto, dan NPWP. Silakan lakukan satu per satu dan pastikan foto bisa terlihat dengan jelas kemudian pilih “Next”.
    unggah data pendukung

  13. Unggah Dokumen Persyaratan

    Pada tahap ini kamu harus upload foto Kartu Keluarga, SK pengangkatan karyawan pertama, dan SK terakhir. Selain itu kamu juga harus lengkapi surat keterangan kerja dan surat kuasa potong upah. Silakan unggah satu per satu sampai selesai, lalu pilih tombol “Finish”.
    upload syarat dokumen kta bri 2021

  14. Baca dan Pahami Disclaimer BRISPOT

    Ada 6 poin disclaimer silakan baca dan pahami sepenuhnya. Jika sudah merasa paham silakan checklist “Saya telah membaca dan memahami disclaimer BRISPOT” kamudian pilih tombol “OK”.
    disclaimer syarat ketentuan kta bri online

  15. Pengajuan KTA BRI Guna Berhasil

    Selamat, pengajuan kamu berhasil, tinggal tunggu konfirmasi dengan cek progress pengajuan kamu. Setelah pengajuan berhasil berikutnya data akan melalui proses analisa, menunggu keputusan, dan pencairan dana.
    pengajuan kta bri online berhasil

Tips Pengajuan KTA BRI Online Disetujui

Pinjaman BRIGuna tanpa jaminan diberikan oleh BRI melalui mekanisme kerjasama dengan perusahaan tempat bekerja. Untuk itu penting artinya buat kamu menyiapkan tips agar pengajuan pinjaman lolos dan memperoleh persetujuan. Sebagai cara sederhana, tips di bawah ini bisa kamu coba untuk memaksimalkan peluang pengajuan pinjaman BRIGuna disetujui:

  • Pilih jumlah pinjaman dengan tepat sesuaikan kemampuan bayar.
  • Sesuaikan jangka waktu kredit dengan usia dan masa kerja.
  • Isi data pengajuan secara lengkap dan valid.
  • Lampirkan foto dokumen syarat pengajuan BRIGuna online terbaru.
  • Masukkan data keluarga yang mudah dihubungi.

Gimana mudah kan cara mengajukan pinjaman bri online? Demikian informasi tabel angsuran KTA BRI dan prosedur pengajuan online terbaru lewat BRISPOT. Meski proses pengajuan pinjaman BRI online semakin mudah, tetaplah berpedoman pada keamanan dan kemampuan membayar angsuran.

Apa itu Pinjaman KTA BRI?

KTA BRI adalah fasilitas pinjaman yang pengajuannya tidak membutuhkan agunan. Layanan KTA BRI terwujud melalui produk BRIGuna.

Apa saja jenis KTA BRI?

Ada empat jenis KTA di bank BRI yakni BRIGuna Karya, BRIGuna Umum, BRIGuna Purna, dan BRIGuna Pendidikan.

Apa Syarat KTA BRI?

WNI, berusia di atas 21 tahun dan maksimum 75 tahun pada saat tenor berakhir.

Manfaat BRIGuna?

Untuk memenuhi kebutuhan konsumtif seperti biaya pendidikan, biaya pengobatan, renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Berapa Suku Bunga KTA BRI?

Besaran bunga pinjaman KTA BRI online sangat bergantung pada waktu pengajuan, jumlah dan jangka waktu kredit. Umumnya bunga BRIGuna ditawarkan antara 1,45% s/d 1,54%. (suku bunga bisa berubah).

Jangka waktu maksimum KTA BRI?

Jangka waktu kredit BRIGuna maksimum 15 tahun atau setara dengan 180 bulan. Namun demikian penentuan tenor pinjaman sangat tergantung dari banyak faktor termasuk usia calon debitur.

KTA BRI Online 0.0
  • Suku bunga pinjaman
    (5)
  • Proses Pengajuan
    (4)
  • Jangka waktu pinjaman
    (5)
4.7

Summary

Selain Kartu Kredit, produk BRI yang banyak peminatnya ya pinjaman BRIGuna ini karena syarat pengajuan mudah dan tanpa jaminan. Apalagi saat ini proses pengajuan KTA BRI bisa dengan metode online lewat BRISPOT.

Pros

Support pengajuan online

Limit kredit besar

Jangka waktu panjang

Cons

Sending
User Review
4 (6 votes)

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait: