Tabel KUR BCA 2021: Syarat dan Cara Pengajuan

Tabel KUR BCA, syarat dan cara pengajuan – KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu program pemerintah. Tujuannya yakni membantu akses permodalan bagi UMKM. Pelaksanaan KUR tersedia dalam bentuk pemberian pinjaman dana pada pelakon bisnis UMKM. UMKM dapat mengakses KUR melalui lembaga penyalur yang terdiri dari Bank, Koperasi, dan Lembaga Pembiayaan. Salah satu Bank yang bekerjasama dengan pemerintah dalam program KUR adalah Bank BCA.

Sampai saat ini program KUR BCA masih memiliki peminat yang tinggi. Sebab program ini memberikan angin segar terhadap pengembangan bisnis. Terutama yang bergerak dalam ranah UMKM. Terlebih lagi dalam masa pandemi seperti saat ini, bantuan berupa pinjaman dana akan sangat membantu memperkuat finansial UMKM.

Tabel Angsuran KUR BCA 2021

Sebenarnya angsuran untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) BCA dapat mengalami perubahan secara berkala. Namun tabel angsuran ini bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk menemukan taksiran jumlah pinjaman dan kemampuan pembayaran yang akan Anda ajukan.

Jumlah KreditTenor 12 BulanTenor 36 Bulan
10.000.000933.334384.777
20.000.0001.866.670769.557
30.000.0002.800.0001.154.334
40.000.0003.733.3341.539.112
50.000.0004.666.6671.923.889
60.000.0005.600.0002.308.668
70.000.0006.533.3342.693.444
80.000.0007.466.6663.078.223
90.000.0008.400.0003.463.000
100.000.0009.333.3343.847.777
tabel kur bca 2021

Nb: Tabel di atas adalah estimasi angsuran KUR BCA dengan bunga 6% per tahun. Bandingkan dengan Tabel KUR Mandiri terbaru.

Syarat KUR BCA 2021

KUR BCA adalah program pemerintah yang rutin setiap tahunnya. Seperti penyebutannya, KUR merupakan pemberian kredit dalam rangka pengembangan usaha.

Namun tentu saja Anda harus memenuhi persyaratan tertentu untuk mendapatkannya. Berikut adalah bahasan mengenai syarat dan tata cara pengajuannya.

Baca juga: 7 KTA Online Proses Cepat

Meskipun sama sebagai kredit, namun KUR BCA memiliki beberapa syarat khusus yang membedakannya dengan kredit lain. Syarat tersebut yaitu:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia.
  • Pemohon merupakan pemilik usaha yang aktif dan produktif.
  • Berusia sekurang-kurangnya 21 tahun.
  • Usaha telah berjalan sekurang-kurangnya 6 bulan.
  • Menyiapkan laporan atas kegiatan dan keuangan usaha.
  • Nominal kredit sekurang-kurangnya Rp 50.000.000, dan sebanyak-banyaknya Rp 500.000.000.
  • Bagi pemohon kredit di atas Rp 50.000.000 harus menyertakan data NPWP.
  • Tidak sedang menjalani kredit di lembaga manapun, dalam bentuk apapun. Larangan ini termasuk kredit dan pinjaman berbasis online.
  • Lulus BI Checking atau pengecekan hutang-piutang oleh Bank Indonesia.
  • Tidak masuk dalam daftar catatan hitam Bank Indonesia.
  • Fotokopi data diri, bisa menggunakan SIM atau KTP.
  • Copy Kartu Keluarga.
  • Fotokopi rekening tabungan BCA.
  • Melampirkan dokumen atas aset berharga yang akan jadi jaminan kredit. Bisa berupa aset lahan, kepemilikan bangunan, ataupun BPKB kendaraan.
  • Melakukan pengisian formulir khusus KUR BCA.

Semua persyaratan ini bertujuan untuk membuktikan keabsahan dari calon pemohon kredit. Oleh sebab itu Anda tidak boleh melewatkan satupun di antaranya.

Ada 3 hal utama yang akan diperiksa dalam penyerahan dokumen. Antara lain keabsahan usaha berjalan, validasi identitas diri, dan kesesuaian jaminan atas nilai pengajuan pinjaman.

Cara Pengajuan Kredit Usaha Rakyat BCA

Perkiraan waktu 7 hari.

Sama seperti pengajuan pinjaman di bank pada umumnya, Anda harus melewati serangkaian tahapan yang ketat.

Hal ini bertujuan untuk menghindari para pemohon dengan usaha bodong, ataupun data diri yang palsu. Berikut adalah tahapan pengajuan KUR BCA:

  1. Persiapkan Seluruh Persyaratan

    Bagi Anda yang belum pernah melakoni permohonan KUR BCA sebelumnya, jangan menyepelekan tahapan administrasi. Banyak pemohon yang ternyata gugur pada proses awal, karena lalai dalam menyiapkan persyaratan dan dokumennya.

  2. Pengajuan KUR melalui bagian Customer Service

    Anda harus melengkapi beberapa formulir pengajuan KUR BCA. Perhatikan data yang Anda bubuhkan di sana, jangan sampai berbeda dengan yang tercantum dalam dokumen persyaratan. Sebab hal ini mengindikasikan bahwa permohonan Anda mungkin saja tidak valid.

  3. Proses Survey oleh Petugas

    Pihak Bank BCA akan lebih dulu melakukan survey lapangan, untuk memastikan kebenaran data calon debitur KUR. Survey ini akan melakukan verifikasi lokasi domisili Anda, beserta bukti usaha.

  4. Verifikasi dan Persetujuan Final

    Selanjutnya pihak Bank BCA akan melakukan pengecekan bertahap. Tujuan untuk menyesuaikan data tertulis, dengan kondisi riil selama di lapangan. Lamanya waktu yang untuk pengecekan ini sebenarnya tidak dapat dipastikan. Anda tinggal menunggu untuk dihubungi.

  5. Mengurus Dokumen Pencairan

    Jika permohonan KUR Anda lolos, maka Bank BCA akan menghubungi Anda, untuk mulai mengurus dokumen pencairan dana pinjaman.

  6. Pencairan Dana

    Setelah semuanya tuntas, tahapan akhir adalah akad kredit, dan Anda sudah bisa menerima dana kredit dari BCA.

Baca juga: 10 Pinjaman Online Cicilan 12 Bulan

Tips Agar Permohonan Disetujui

kur bca 2021

Berikut adalah beberapa catatan penting yang bisa Anda amalkan, agar permohonan KUR dapat segera cair:

Menjalankan Usaha

Ini merupakan kunci utama lolos syarat administrasi dan survey. Menjalankan usaha personal akan memudahkan Anda untuk mengondisikan berbagai hal. Pertama, menyusun laporan terkait kegiatan rutin sehari-hari. Hal ini berkaitan dengan verifikasi produktifitas usaha. Selain itu Anda juga tak akan kesulitan dalam menjelaskan kondisi keuangan usaha, sebab memang berkecimpung di dalamnya.

Kedua, Anda bisa mengatur strategi ketika pihak Bank melaksanakan survey. Hal yang susah dilakukan jika usaha yang digunakan ternyata milik orang lain.

Hindari Godaan Pinjaman Online

Banyak yang abai terhadap fenomena yang satu ini. Ketika teknologi peminjaman uang menjadi mudah, bahkan dilakukan dengan media virtual, ternyata banyak yang terjebak di dalamnya. Terlilit dalam pinjaman online, sehingga ketika Bank Indonesia melakukan pengecekan data yang muncul adalah riwayat peminjaman yang belum lunas.

Buntutnya adalah buruknya catatan nama Anda ketika dalam proses verifikasi berkas oleh pihak Bank. Karena itu sebelum Anda mengajukan KUR BCA, pastikan untuk menyelesaikan semua jenis pinjaman online yang ada.

Mengantongi Surat Izin Usaha

Setali tiga uang dengan poin sebelumnya mengenai produktifitas usaha, ini merupakan cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan bahwa bisnis yang Anda lakoni memang aktif. Dengan adanya surat ini, Anda bisa langsung menyerahkannya ke pihak Bank, dan menunjukkan bahwa memang benar usaha Anda berjalan lebih dari 6 bulan.

Bidik KUR di Bank Tertentu

Syarat lainnya dari penerimaan KUR adalah tidak terkaitnya Anda dengan lebih dari satu Bank, pada program kredit yang sama. Karenanya Anda harus membidik terlebihdulu Bank mana yang ingin Anda jadikan tujuan. Dengan begini Anda akan lebih mudah untuk lulus syarat administrasi.

Menyiapkan Jaminan

Seperti yang tercantum dalam tabel angsuran di atas, Anda tentu bisa memproyeksikan berapa besaran nominal yang akan Anda pinjam, dan berapa kemungkinan cicilannya. Hal ini dapat membantu Anda untuk menentukan jenis jaminan apa yang sekiranya setara untuk diberikan pada Bank. Makin besar nominal kredit, tentu saja jaminannya akan menjadi lebih mahal.

Pengajuan kredit khusus ini memang memberikan banyak kelonggaran bagi para pengusaha. Dengan dana yang beragam, KUR BCA hadir dengan persyaratan yang ketat namun tetap bisa diakses oleh masyarakat.

Demikian informasi mengenai syarat dan tabel KUR BCA terbaru. Semoga bermanfaat, jangan lupa bandingkan juga dengan tabel KUR BRI.

Satu pemikiran pada “Tabel KUR BCA 2021: Syarat dan Cara Pengajuan”

Tinggalkan komentar