17 Syarat dan Tabel Pinjaman Pegadaian 2021 (Gadai BPKB)

Syarat dan tabel pinjaman gadai BPKB di Pegadaian – Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang peminjaman dana dan gadai aset berharga. Lewat Pegadaian masyarakat bisa meminjam uang dengan cara menggadaikan benda berharga mulai dari perhiasan hingga surat kepemilikan aset.

Beberapa hal yang memotivasi masyarakat untuk lebih memilih gadai bpkb mobil di pegadaian adalah keamanan dan jaminannya yang valid. Anda tak perlu merasa was-was kehilangan aset secara tiba-tiba sepihak tanpa peringatan.

Sebagai lembaga resmi milik Negara, Pegadaian tidak bisa melaksanakan prosedur dengan asal-asalan. Karena itu jika Anda ingin melakukan pengajuan penggadaian aset, harus mengikuti persyaratan dan tahapan yang valid, sebelum akhirnya mendapatkan verifikasi dan izin gadai.

Lalu, apa saja syarat dan berapa simulasi tabel pinjaman gadai BPKB di Pegadaian? Yuk ikuti informasinya berikut ini.

Syarat & Tabel Pinjaman Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

gadai bpkb pegadaian 2021

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi dalam rangka mengajukan penggadaian bpkb di Pegadaian:

  1. Harus berstatus Warga Negara Indonesia.
  2. Memiliki usia dengan batas bawa 21 tahun dan batas atas 60 tahun.
  3. Memiliki pekerjaan yang tetap dalam kurun waktu sekurang-kurangnya satu tahun.
  4. Foto jelas dari calon peminjam (menggunakan pas foto atau foto formal).
  5. Kartu identitas asli dan fotokopi calon debitur dan pasangan.
  6. Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
  7. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotokopi atas kendaraan terkait yang akan digadaikan.
  8. BPKB asli dan fotokopi atas kendaraan yang jadi barang gadai.
  9. Foto jelas atas kendaraan terkait yang akan jadi jaminan.
  10. Foto jelas atas lokasi bekerja saat ini.

Baca juga: 21+ Pinjaman Online Langsung Cair dalam Hitungan Menit

Cara Gadai BPKB di Pegadaian

Pengajuan gadai BPKB di pegadaian memiliki tahapan yang harus runut termasuk memproyeksikan tabel angsuran pinjaman Pegadaian terlebih dulu. Anda harus mengikuti jenjangnya sejak awal hingga akhir secara beraturan. Berikut adalah tahapannya:

1. Menyiapkan Seluruh Persyaratan

Tahapan paling awal dari proses pengajuan penggadaian BPKB di Pegadaian adalah menyiapkan seluruh dokumen persyaratan. Hal ini penting agar pengajuan Anda langsung bisa diverifikasi dan disahkan.

Percaya atau tidak, hingga sekarang banyak calon peminjam yang melalaikan proses administrasi dan harus terjegal di dalamnya. Mulai dari lampiran kartu identitas yang tidak sesuai hingga foto asset yang tidak jelas.

Akhirnya banyak yang tertolak pengajuannya, sebab Pegadaian tidak bisa melanjutkan proes gadai BPKB mobil dan motor di pegadaian dari calon nasabah yang tidak memenuhi syarat

2. Mempelajari Tenor dan Jangka Waktu Pinjam

Sama seperti badan peminjaman uang lainnya, Pegadaian juga memiliki ketentuan terkait bunga, jatuh tempo dan maksimal waktu peminjamannya.

Umumnya perihal ini bisa sekaligus Anda konsultasikan kepada pihak Pegadaian saat proses pengajuan. Namun kami sarankan bagi Anda mencari informasi tambahan terlebih dulu, agar bisa memproyeksikan tenor dengan kesanggupan pembayaran.

3. Menyerahkan Dokumen dan Persyaratan

Pegadaian memiliki gerai yang tersebar di tiap daerah. Pilihlah yang paling mudah untuk diakses, agar Anda tak kewalahan sata proses pengajuan gadai bpkb mobil di pegadaian.

Lanjutkan dengan menyerahkan dokumen dan persyaratan pada petugas. Bersamaan dengan ini, Anda juga wajib mengisi data diri dan beberapa formulir sebagai pertimbangan penerimaan pengajuan oleh pihak Pegadaian.

Agar proses berjalan mulus, pastikan kecocokan data Anda isikan, jangan sampai berbeda antara yang tertulis pada dokumen dan persyaratan.

Baca juga: Cara Mengajukan KTA BRI Online: Syarat & Tabel Angsuran

4. Proses Kalkulasi Pinjaman

Setelah semua data terkumpul, tahapan selanjutnya adalah kalkulasi pinjaman. Pihak pegadaian akan menyesuaikan seluruh dokumen, dan membuat taksiran mengenai kisaran jumlah pinjaman yang mungkin Anda dapatkan.

Pegadaian biasanya akan menentukan jumlah pinjaman dengan pertimbangan besaran penghasilan calon debitur serta kondisi terkini dari kendaraan, dan umur pemakaiannya. Makanya gak heran jika tipe kendaraan yang sejenis belum tentu bisa memiliki kisaran harga gadai yang sama.

Untuk bahan pertimbangan Anda berhak memperoleh simulasi berupa tabel pinjaman gadai BPKB Pegadaian agar bisa mengukur kemampuan pengembalian dana.

5. Penerbitan SBK (Surat Bukti Kredit)

Ketika Anda sudah sepakat tentang penentuan harga dari gadai mobil maupun motor tersebut, maka pihak Pegadaian akan menerbitkan SBK (Surat Bukti Kredit) sebagai tanda jadi. Ini juga berfungsi sebagai hitam di atas putih, yang melindungi perjanjian gadai yang Anda lakukan.

Pada proses ini jugalah akan diinformasikan dengan jelas mengenai besaran bunga dan pencicilan yang harus dilakukan. Petugas juga akan memberikan informasi mengenai perkara jatuh tempo, beserta sanksi-sanksi keterlambatan yang mungkin terjadi.

6. Pengsahan SBK (Surat Bukti Kredit)

Setelah semua poin Anda pahami, tahapan gadai BPKB di pegadaian berikutnya adalah pengesahan SBK. Pada proses ini, Anda sudah tidak bisa melakukan pembatalan peminjaman.

Semuanya sudah sah, dan Anda telah memiliki hak untuk menerima dana penggadaian. Begitu pula dengan asset BPKB yang Anda serahkan, sudah resmi menjadi milik sementara Pegadaian.

7. Pencairan Dana

Tahapan akhir adalah pencairan dana. Anda akan menerima pinjaman sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian. Proses ini akan lengkap dengan dokumen bukti berisi keterangan lengkap terkait pinjaman gadai BPKB di Pegadaian.

Pencairan dana umumnya akan diikuti dengan pembayaran biaya administrasi sebanyak 10% atau sesuai ketentuan yang berlaku saaat ini.

Baca juga: Cara Mengajukan KTA Mandiri: Syarat & Tabel Angsuran

Tabel Pinjaman Pegadaian Tahun 2021

Tabel pinjaman gadai BPKB Pegadaian di bawah ini adalah simulasi untuk memproyeksikan cicilan yang wajib bagi debitur. Sebelum mengikuti serangkaian cara gadai BPKB Anda bisa lebih dulu mempertimbangkan tabel angsuran berikut ini:

Jumlah PinjamanCicilan 12 BulanCicilan 24 Bulan
3.000.000287.500
5.000.000479.200
10.000.000958.400541.700
20.000.0001.896.7001.063.400
30.000.0002.845.0001.595.000
50.000.0004.741.7002.658.400
100.000.0009.383.4005.216.700
200.000.00018.666.70010.333.400
300.000.00028.000.00015.500.000
400.000.00037.333.40020.666.700
Estimasi Tabel Pinjaman Pegadaian 2021 (Gadai BPKB)
tabel pinjaman pegadaian 2021
Tabel Pinjaman Pegadaian 2021 (Gadai BPKB)

Baca juga: KUR BCA 2021: Syarat dan Tabel Angsuran

Kelebihan dan Kekurangan Gadai Kendaraan

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan gadai BPKB kendaraan di pegadaian sebagai bahan pertimbangan Anda:

  • Barang Gadai Terjamin

Pegadaian merupakan badan usaha milik Negara, Karenanya Anda tak perlu merasa khawatir tentang keamanan dan pelayanannya. Aset Anda tak akan raib secara tiba-tiba, dan proses pinjaman pun akan berjalan sesuai dengan kesepakatan.

  • Persyaratan Mudah dan Gampang

Pegadaian tak mengajukan persyaratan yang berbelit, dan inilah yang menjadi sisi lebihnya. Anda cukup menyediakan data pribadi dan memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan saja.

  • Proses Cepat dan Singkat

Tak sampai sehari, Anda sudah bisa menyelesaikan proses gadai BPKB di Pegadaian. Tahapan gadai BPKB Mobil dan motor di Pegadaian singkat, mudah, dan tidak bertele-tele.

  • Pemberian Masa Tenggang

Kelebihan lainnya dari gadai BPKB di pegadaian adalah barang Anda tak akan dilelang tiba-tiba. Sebab jauh sebelum masa jatuh tempo terakhir terjadi, Anda akan menerima informasi berkali-kali oleh pihak Pegadaian. Hal ini menghindarkan Anda dari kehilangan aset secara sepihak.

  • Batasan Usia Kendaraan

Pegadaian menetapkan bahwa kendaraan yang bisa jadi barang gadai adalah yang memiliki usia maksimal 5 tahun. Karenanya kendaraan tua tidak akan lolos untuk digadai, hal ini untuk menghindari kerusakan dan kerugian.

  • Ketentuan Pajak Kendaraan

Walaupun sedang tergadai, namun beban pajak kendaraan tetap ada pada pemiliknya. Karena itu Anda berkewajiban untuk memastikan pajak kendaraan dalam keadana hidup, walaupun kendaraannya tak bisa Anda gunakan sementara waktu.

Baca juga: 7 Penyedia Pinjaman Online Bunga Rendah

Gadai bpkb kendaraan di pegadaian memang memiliki kelebihan dalam sisi keamanan dan jaminan aset. Walaupun sebenarnya kisaran uang yang dapat Anda pinjam umumnya relatif lebih rendah dari lembaga pinjaman lainnya. Namun sebagai solusi pinjaman mendadak, gadai BPKB di pegadaian patut jadi prioritas ketimbang lembaga pergadaian lainnya.