Momaju.id – Setelah kita dihadapkan dengan pandemi COVID-19, atau corona virus tak sedikit pelaku bisnis yang mulai gulung tikar.

Tak ayal, semua itu karena perekonomian semakin tergerus sehingga membuat banyak pebisnis mulai menutup usaha mereka.

Era new normal sepertinya menjadi angin segar bagi pebisnis untuk meraup kembali keuntungan mereka dalam berwirausaha.

Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami bagikan seputar strategi Instagram marketing paling jitu yang wajib banget dicoba di new normal.

Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

Strategi Instagram Marketing Paling Jitu

Meskipun tergolong baru, Instagram menjadi salah satu platform atau media pemasaran paling tepat bagi bisnis.

Pastinya yang demikian bukan tanpa alasan. Ada lebih dari 800 juta akun aktif di Instagram dihampir setiap harinya dan sekitar 75% penggunanya melakukan aktifitas.

Misalnya belanja, mencari hingga memberi tahu kerabat atau sahabat dekat mereka saat mereka melihat suatu postingan yang menarik.

Hal tersebut menjadi peluang yang cukup menggiurkan bagi pemilik bisnis. Untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk maupun jasa mereka ke khalayak luas.

Sayangnya, tingkat keterlibatan pengguna Instagram tak melulu dapat meningkatkan konversi yang lebih tinggi. Hingga akhirnya berujung pada peningkatan penjualan bisnis Anda.

Sebab, masih ada cara atau pendekatan yang tepat guna wujudkan potensi tersebut. Misalnya, lewat strategi Instagram marketing berikut ini:

1. Membuat Guidelines Profil Instagram

Apa itu guidelines? Guidelines adalah sebuah kerangka acuan yang nanti dipakai dalam aktivitas bisnismu.

Dalam hal ini Anda harus tahu bagaimana cara membangun profil Instagram untuk bisnis.

Tujuannya agar bisa menarik perhatian calon konsumen? Jangan lupa, gunakan bahasa yang mudah dipahami khayalak luas.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui cara memanggil audiens yang baik.

Salah satu guidelines paling penting dalam membangun Instagram adalah feeds Instagram.

Pada dasarnya ada beberapa tips dan trik membangun feed guidelines Instagram yang harus Anda tahu.

Dengan begitu feeds Instagram Anda akan terlihat lebih estetis. Mari simak langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, selaraskan warna tiap feeds Instagram Anda, baik warna produk atau jasa, maupun tone warna fotonya.
  • Selaraskan jenis produk yang ingin dijual pada tiap feeds Instagram.
  • Setelah itu, gunakan template pada tiap feeds.
  • Anda juga perlu menggunakan background yang sama di tiap foto.
  • Terakhir, gunakan grid.

Tidak hanya itu, sebagai pebisnis Anda juga perlu membuat guidelines dalam bentuk teks atau tulisan.

Gunakan saja gaya bahasa yang baik untuk membuat Anda agar semakin mudah akrab dengan audiens.

2. Follow Calon Konsumenmu

Jika Anda pemain lama di jejaring sosial media satu ini. Anda pastinya sudah memiliki pengalaman di follow oleh berbagai akun?

Tapi, pernah nggak sih Anda tiba – tiba di follow akun bisnis yang sesuai dengan keinginanmu?

Jika iya, artinya mereka juga sedang menerapkan strategi Instagram marketing ini.

Karena masyarakat pengguna Instagram sangat luas dan beragam, sehingga hal ini menjadi strategi paling jitu yang diklaim memiliki peluang lebih besar tingkat keberhasilannya.

Caranya mudah sekali, Anda bisa mulai membuka hashtag yang ada kaitannya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maupun membuka akun kompetitor bisnismu.

Follow audiens dari hashtaf dan akun kompetitor Anda. Silakan lakukan hal tersebut setiap hari, tetapi dengan batasan.

Adapun cara lainnya adalah dengan berinteraksi dengan calon audiens. Misalnya dengan berkomentar di akun bisnis kompetitor atau influencer.

Ini sah – sah saja dilakukan oleh siapa pun, sebab memang tidak melanggar hukum privasi.

3. Berinteraksi dengan Audiens

Ini adalah elemen terpenting dalam strategi Instagram marketing. Kenapa?

Sebab, yang demikian memiliki tujuan untuk terus memberikan kesadaran mengenai eksistensi bisnis Anda ke konsumen.

Tidak hanya itu, dengan berinteraksi terus menerus maka Anda bisa ciptakan crowd dengan mudah.

Hal ini nanti akan berdampak pada jumlah followers, konsumen atau cakupan lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berinteraksi dengan audiens, diantaranya seperti berikut:

  • Menciptakan mini quiz lewat Instagram story. Pastikan untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang masih ada kaitannya dengan produk yang Anda jual.
  • Mengadakan giveaway di momen – momen tertentu, misalnya sebulan sekali atau ketika ada perayaan tertentu.
  • Menjawab komentar yang ada. Meskipun kelihatan sepele, tetapi hal ini memiliki dampak besar. Dengan memberikan respon kepada konsumen, maka Anda akan mendapat perspektif positif dari konsumenmu.

4. Buat Instagram Content yang Inovatif

Sebenarnya ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mendongkrak penjualan di era new normal. Salah satunya adalah lewat konten Instagram.

Ini merupakan elemen terpenting ketika Anda melakukan Instagram marketing.

Jika awalnya Anda hanya mengandalkan foto produk atau jasa saja, kini Anda juga perlu mengandalkan konten.

Selain itu, Anda juga bisa membuat dua akun bisnis sekaligus, akun utama dan akun katalog.

Dan berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan ketika akan membuat konten Instagram marketing.

  • Jangan hanya menggunakan foto produk saja, tetapi Anda juga harus menggunakan storytelling.
  • Buat tulisan di akhir konten untuk menggiring konsumen agar menggunakan produk Anda.
  • Buat dalam feeds Instagrammu. Konten yang dibuat bisa berupa infografis, slideshow yang berisikan pengetahuan yang masih ada kaitannya dengan produk yang Anda tawarkan.
  • Selalu mengingat hari – hari penting, sebab yang demikian dapat mempengaruhi Anda saat membuat konten.
    Membuat kampanye.

5. Maksimalkan Fitur Instagram

Sama seperti jejaring sosial media pada umumnya. Instagram juga memiliki beragam fitur yang bisa banget dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnismu.

Disarankan agar Anda membuat akunmu seprofesional mungkin, misalnya dengan beralih ke Instagram for business.

Salah satu kelebihan menggunakan akun profesional ini adalah Anda bisa melihat kinerja akun.

Misalnya lewat fitur Insight. Melalui fitur tersebut Anda bisa melihat secara real time jumlah akun yang melihat profilmu.

Jumlah yang sukai postingan Anda dan berapa konsumen yang berinteraksi dengan Anda.

Tidak hanya itu, masih ada banyak lagi fitur unggulan Instagram yang bisa Anda manfaatkan, antara lain:

  • Instastory, ini adalah fitur yang digunakan untuk melakukan interaksi seperti mini quiz, mini content atau polling.
  • Highlight, ini adalah fitur yang akan memudahkan audiens untuk melihat informasi lebih detail.
  • Instagram Ads, ini adalah fitur yang memungkinkan Anda dapat meluncurkan iklan di Instagram.
  • Direct Purchase, ini adalah fitur dimana konsumen bisnis langsung membeli produkmu lewat feed.

Itulah 7 strategi Instagram marketing paling jitu yang wajib dicoba selama new normal. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply